-->

Tutor Adwords Adsense PTC PPC Blogging Blogger Indonesia

Minggu, 10 Januari 2016

2 Cara Mudah Mengganti Thema/Template/Tampilan Blog Blogger Untuk Pemula

Adwordssenseid - Selamat datang para blogger yang dimuliakan tuhan masing-masing. Saya yakin pembaca artikel ini adalah blogger yang masih bingung dengan cara mengganti tampilan blog. Tampilan blog merupakan senjata utama para blogger untuk menarik pengunjung dunia maya, blog yang bagus/cantik bisa membuat pengunjung blog sobat menjadi betah lama-lama menyelam di blog sobat. Selain cantik hendaknya sobat memilih tampilan blog yang responsive, ini diharapkan agar loading blog sobat tidak berat. 70% pengguna layanan internet tidak menyukai blog yang loadingnya berat, atau lama kalau dibuka. Daripada tambah binggung lebih baik kita langsung saja bahas cara mudah Mengganti Thema/Template/Tampilan Blog Blogger Untuk Pemula.

Cara Mudah Mengganti Thema/Template/Tampilan Blog Blogger Untuk Pemula


Cara ini digunakan untuk blog yang merknya BLOGGER. Untuk lainnya ada caranya masing-masing.

1. Blog Blogger

Pastikan sobat menggunakan blog berplatform Blogger. Jika belum punya silahkan daftar di Blogger.com penyedia layanan gratis pembuatan website/blog dari Google. Jika sudah silahkan sobat login.

2. Pilih Template/Thema/Tampilan

Sebelum mengganti tampilan blog sobat silahkan sobat pilih thema yang akan sobat gunakan. Usahakan sesuai dengan keinginan sobat. Silahkan sobat cari di Google mengenai tampilan blog yang sobat hendaki, semisal sobat pengen tampilan blog Doraemon, silahkan sobat cari dengan kata kunci "template doraemon untuk blogger/blogspot". Jika sudah silahkan sobat download thema tersebut. Biasanya file berbentuk .xml dan jika dibuka bakalan keluar lewat notepad di leptop sobat. Kuranglebihnya akan muncul tampilan tulisan seperti di bawah ini di notepad sobat.
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html> blablablablabla code html/css lainnya

 3. Masukan Template ke Blogger

Langkah ini bisa sobat lakukan dengan 2 cara yaitu copas code dan upload file code, tinggal sobat pilih enaknya pakai cara yang mana. 

Pertama melalui copas code,

Silahkan sobat masuk ke dashboard blogger.
Pilih Template
Kemudian pilih Edit HTML
Klik pada kolom html, kemudian tekan ctrl+a.
tekan ctrl+c untuk copy code yang sobat miliki.
kemudian hapus code html yang ada pada blog sobat.
kosongkan halaman edit html. Buka notepad baru, pastekan code html yang sobat copy tadi (ini untuk membackup code sebelumnya, jaga-jaga jika terjadi kesalahan).
cari file html yang tadi sobat download, silahkan buka.
Copy code html yang telah sobat download tadi di halaman edit HTML.
kemudian klik simpan template.

Kedua dengan Upload file code html

silahkan sobat siapkan file yang sudah didownload tadi, usahakan file berekstensi .xml. jika masih .zip silahkan ekstrak dulu.
Login blogger.
masuk ke dashboard
klik menu template.
pilih cadangkan/pulihkan yang ada di sebelah kanan pojok atas.
jika ingin jaga-jaga apabila gagal, sobat bisa pilih Unduh template lengkap.
Jika sudah silahkan sobat pilih Browse/pilih file.
Cari file yang telah sobat download tadi. kemudian ok.
Terakhir klik Unggah.
Silahkan tunggu beberapa saat. Jika sudah berhasil silahkan cek dengan klik tombol lihat blog.

Selamat tampilan blog/website sobat sudah berubah. Usahakan pilih thema/template blog yang menarik. Dari beberapa kabar di Internet bahwa blogger tidak dianjurkan untuk berganti-ganti thema/template. Hal ini beralasan karena blog yang sering berganti thema/template akan membuat googlebot susah untuk menjamahi blog sobat. Dalam kata lain artikel yang sobat buat akan susah terindek di mesin pencarian google. Oleh sebab itu perlu sobat pikirkan baik-baik dan pilih template blog yang benar-benar sobat ingini apabila sobat mau mengganti tampilan blog. Mungkin itu dahulu tetekbengek mengenai Cara Mudah Mengganti Thema/Template/Tampilan Blog Blogger Untuk Pemula yang bisa saya sampaikan. Terimakasih, tetap semangat dan salam sukses dari Adwordssenseid.

Atas