-->

Tutor Adwords Adsense PTC PPC Blogging Blogger Indonesia

Senin, 04 Januari 2016

Bisnis Online: Google Adsense Untuk pemula

Google Adsense - Sedikit tentang Google Adsense, AdSense merupakan sebuah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang didalangi oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web pemilik. Situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan/In come berupa pembagian keuntungan dari perusahaan Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik. Jadi sobat akan mendapatkan bayaran sesuai dengan banyaknya jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung web atau blog pada iklan google.

Belajar google adsense


Bisnis Online: Google Adsense Untuk pemula

Google Adsense, merupakan program affiliasi untuk bisnis internet yang sangat populer di dunia maya saat ini. Semua orang bisa berpartisipasi menjadi publiser atau pengiklan bagi google dengan syarat mudah dan cepat tanpa harus repot, cukup dengan menempatkan iklan-iklan google di situs yang dimikinya.

Dengan metode komisi pay per click (PPC), mendulang uang dari google metodenya jauh lebih sederhana dan sangat liquid, beda dengan affiilasi lainnya, yang mengharuskan kita menjual sesuatu baru mendapatkan komisi. Semua orang bisa mengikuti adsense ini, google tidak akan melihat umur, gender, bahkan status sosial anda. Kelihaian dalam menarik pengunjung situs anda itulah yang dibutuhkan oleh raksaksa Google. Anda tidak butuh ijazah ataupun SKCK, yang saat ini dibutuhkan hanyalah jaringan internet dan leptop/PC bahkan gatget juga bisa sobat gunakan untuk membuat situs yang aduhay.

Apa itu Google Adsense??

Sebelum mengakrabkan diri dengan Google Adsense, ada baiknya sobat terlebih dahulu mengetahui Google Adwords yang menjadi pondasi lahirnya Google Adsense. Google Adwords adalah program periklanan yang ditawarkan google kepada para pemilik situs yang ingin mempromosikan situsnya, dengan cara menampilkan link situs pengiklan di hasil pencarian untuk kata kunci (keyword) tertentu.

Contoh: jika kita melakukan pencarian di google dengan kata kunci mobil murah, maka selain hasil pencarian, di bagian seperempat di sebelah kanan akan muncul Sponsored Link/Pesan Sponsor, namun kadang iklan ini terletak di paling atas halaman. Tandanya ada tulisan iklan dipojok kanan atas.

Para pemasang iklan akan dikenakan sejumlah biaya tergantung dari kepopuleran kata kunci yang dipilihnya. Saat ini Google menawarkan kepada pemilik situs web atau blog untuk memasang iklan google adwords di situs mereka dengan pola bagi hasil yang disebut Google Adsense. Munculnya google adsense ini dilatarbelakangi oleh kesadaran Google,meskipun dia sekarang ini menjadi search engine nomor satu di dunia, tidak semua pengguna internet di dunia yang memakai google sebagai mesin pencari, sehingga iklan di google adwords, belum mampu menjangkau seluruh pengguna internet.
Sistem kerja dari Google Adsense ini kuranglebihnya apabila ada seseorang yang mengunjung situs member adsense dan mengklik iklan yang ada di situs tersebut, maka pemilik situs akan mendapat kucuran dollar dari google, metode mengucurkan dollar seperti ini biasa disebut dengan nama pay per click (PPC).

Berapa banyak komisi yang Diterima?

Komisi yang didapatkan oleh member adsense tergantung pada iklan yang ditempatkan di situs. Google sendiri akan menempatkan iklan sesuai dengan isi/content situs. Harga Pay per click sendiri ditentukan oleh seberapa mahal kata kunci tersebut dihargai oleh pemasang iklan Adwords, misalnya kata kunci Semen Kuat mungkin cuma dihargai 0.5 dolar per klik, tetapi kata kunci Mobil Murah misalnya bisa dihargai hingga 30 dolar per klik. Kata-kata kunci yang bernilai tinggi ini biasanya disebut dengan High Paying Keyword (HPK). Situs-situs dengan topik spesifik untuk kata kunci (keyword) tertentu disebut situs niche.

Bayangkan jika sobat bisa membuat situs yang dikunjungi 1000 orang per hari, dan bayangkan ada 10% yang mengklik iklan dengan komisi 0,5 dolar per klik, maka dalam sehari situs itu sudah menghasilkan 50 dolar/hari atau 1500 dolar per bulan. Lumayan kan, jauh lebih tinggi dari gaji blogger lain yang tidak menggunakan adsense. Seandainya punya 10 situs serupa, hitung aja sendiri penghasilannya. Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa orang yang meraih komisi diatas 10.000 dolar per bulan, yang dapat ribuan dolar sudah banyak, apalagi yang cuma ratusan, dan banyak banget nget nget yang puluhan.

Bagaimana cara ikutan Program Google Adsense?

Dari tetekbengek yang telah disebutkan di atas, tentu saja untuk ikut program adsense. Pokoknya yang harus sobat miliki adalah situs untuk meletakkan iklan, ibarat berdagang, situs ibarat toko, dan iklan adalah barang dagangannya. Setelah punya situs dengan topik/niche tertentu (e.g. education, consultant, farm, etc), kita bisa apply di google.com/adsense, lakukan registrasi, kemudian google akan mereview situs kita, jika memenuhi syarat dan diterima, google akan memberikan kode-kode html yang bisa kita masukkan di situs sobat.

Bagaimana kalau tidak bisa membuat website? Jangan khawatir, untuk pemula bisa menggunakan blog, blog juga bisa dipasangi adsense. Berikut langkah-langkah membuat blog adsense:
  • Daftar Blog, di Blogger.com
  • Tentukan topik atau niche blog yang akan dibuat, misal ; kesehatan. music, teknologi. dll
  • Posting 10-15 artikel sesuai topik yang sudah teman-teman pilih.
  •  Pasang Iklan

Setelah pengajuan diterima, sobat akan disuruh untuk memasang iklan kedalam blog sebagai review kedua, jika blog telah di approve sepenuhnya sobat bisa menambah dan memasang iklan di blog atau situs lainnya yang sobat miliki, untuk cara memasang script iklan adsensenya setelah membuat iklan silahkan sobat copy paste ke blog.

Untuk waktu approval dari google, tergantung blog yang sobat buat, bisa langsung approve, atau sehari malah kadang lebih. Perlu diketahui ada beberapa macam type iklan di google, namun yang umum dipakai adalah adsense for content dan adsense for search .

Langkahnya selanjutnya adalah mendatangkan pengunjung, karna tanpa pengunjung sobat tidak akan pernah mendapatkan kucuran dollar dari Google, sobat hanya akan dibayar apabila setiap pengunjung atau visitor mengklik iklan yang ada di blog/web sobat, Semakin banyak visiotor blog, berarti semakin tinggi kemungkinan iklan di klik dan semakin banyak komisi yang sobat terima. Ini memang sedikit menguras keringat sobat, karena ini bagian tersulit. Namun jangan khawatir, percaya pada diri sobat saja. Memiliki situs yang menghasilkan uang itu bisa menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Sobat hanya dituntut untuk membuat situs yang aduhay, kalau memang sudah tercapai aduhaynya, sobat tinggal tidur saja bisa dapat uang.

Sedikit penjelasan untuk mendatangkan trafic atau pengunjung sobat perlu mempelajari yang namanya ilmu SEO. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang SEO silahkan sobat search di Google.
Semoga tetekbengek di atas bisa berguna bagi sobat, mohon maaf apabila ada salah kata. Sampai jumpa lagi. Salam sukses Adwordssenseid.

Atas